Bertema Hardiknas

Mumpung masih fresh, mumpung moodnya bagus, mumpung koneksinya lagi ngebut, dan mumpung pas momentnya, saat ini saya mau menulis tentang Hardiknas ah… 🙂

Ngomongin masalah pendidikan, mulai dari yang baik-baik sampai yang paling buruk itu ngga akan ada habisnya. Sebagai calon seorang pendidik, saya suka sekali mengikuti isu tentang pendidikan sekarang ini. Tambah maju aja ya… Anak SD kelas satu sekarang udah dikasih pelajaran Bahasa Inggris yang dulu baru saya dapat pas kelas 1 SMP. Trus untuk yang SMP dan SMA pelajaran Bahas Inggris malah masuk mata pelajaran yang di-UN-kan. Selain itu, siswa sekarang pun nggak hanya diminta berkompeten dalam materi pelajaran, tapi juga soal IT. Yaa, hampir di setiap sekolah mulai dari SD sampai SMA ada pelajaran TIK-nya. Belum lagi adanya sekolah yang berlabel “Bertaraf Internasional” atau “Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional”. Jadi, nggak cukup hanya mencapai kualitas nasional saja, pendidikan kita pun sekarang sudah giat-giatnya menerapkan pedoman internasional agar kualitas generasi-generasi penerus bangsa kita nggak kalah sama bangsa lain. Salut deh, sama pendidikan sekarang…

Tapi sayangnya, kemajuan yang begitu pesat dalam hal pendidikan itu tidak bisa begitu saja dirasakan oleh semua warga negara kita tercinta ini. Nggak usah jauh-jauh, di Banten aja, yang jaraknya nggak begitu jauh sam Ibukota, buat ke sekolah aja mereka harus menantang maut melewati jembatan yang kondisinya ngeri banget. Beritanya bisa kalian lihat lagi di sini (meskipun berita lama ^.^). Apalagi di tempat-tempat nun jauh di sana. Yang nama daerahnya saja nggak ada di peta. Ironis nggak sih, di saat sekolah-sekolah lain terus bergerak maju mengikuti arus globalisasai, masih banyak yang terpencil, yang jauh dari hiruk pikuk modernisasi masih bertahan dengan segala bentuk keterbatasan. Yang patut diacungi jempol adalah semangat mereka. Yaa, semangat untuk mendapatkan ilmu, meski harus berjalan berkilo-kilo meter melewati jalan yang masih apa adanya. Layak diberi apresiasi untuk orang-orang atau pun lembaga-lembaga yang peduli tentang mereka. Seperti yang satu ini, Indonesia Mengajar. te o pe be ge te deh…

Senyum Mereka

Namun, dibalik kebanggaan akan kemajuan pendidikan di Indonesia ini, menurut saya masih ada yang perlu dikhawatirkan. Yaa, moral. Sok peduli banget sih ngomongin moral??? Hmm,, tapi memang yang saya pikir, sopan santun, norma siswa-siswi jaman sekarang itu perlu benar-benar diperhatikan dan dijaga. Secara pergaulan mereka sekarang kan lebih luas. Lebih bisa dan lebih mudah terpengaruh sama budaya-budaya yang nggak sesuai dengan budaya timur kita..

Pernah berpengalaman menjadi seorang pendidik (meskipun hanya sebentar pas PPL), saya sadar mendidik itu tidak mudah. Sekali lagi, MENDIDIK ITU TIDAK MUDAH (sengaja diulang biar dramatis). Kalau hanya mengajar, hanya menyampaikan materi pelajaran kepada siswa itu sih nggak masalah, meski pun sebenarnya juga sulit. Namun untuk mendidik, yaitu selain menyampaikan materi pelajaran dengan baik, juga memberikan contoh perilaku dan menanamkan norma-norma pada siswa supaya menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak itu tidaklah mudah. Contohnya saya sendiri, ketika mengajar di depan kelas, masih saja ada siswa yang tidur, atau pun ngumpet-ngumpet mainan handphone meskipun sudah dilarang. Namanya juga belajar menjadi seorang pendidik, harus sabar dan ikhlas. Insyaalah… 🙂

Nah, itu tadi sedikit opini saya bertemakan moment pendidikan hari ini. Harapan saya mungkin nggak jauh beda dengan akademisi yang lain. Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan mencetak generasi-generasi penerus yang cerdas dan berakhlak baik yang bisa membawa bangsa ini semakin maju. Amin… 🙂

2 thoughts on “Bertema Hardiknas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s